Minggu, 31 Maret 2013

Ekstensi OOChem di OpenOffice.Org untuk Penyisipan Rumus Kimia


Seolah tidak mau ketinggalan dengan Microsoft Office, OpenOffice.Org dalam memberikan layanan untuk program perkantoran terutama yang berhubungan dengan kimia ia juga memberikan kekhususan tersendiri bagi kimia. Maklum saja pengetikan kimia beda dengan pengetikan biasa. Sering diperlukan rumus-rumus kimia dan lain-lain.
Untuk memasang (meng-install) OOChemistry, anda harus memiliki OpenOffice.org yang sudah terpasang lebih dahulu misalnya baik untuk sistem operasi berplatform Windows, Linux, Solaris, *BSD, dan sebagainya, dan Java 1.6 runtime (Sun JRE 6 dan OpenJDK 6 pada platform x86 dan x86_64). Java harus teraktifkan dalam OpenOffice.org.  Jika anda menjumpai kesalahan (error) selama pemasangan (installation), anda mungkin memerlukan pemasangan paket OpenOffice.org-java-common atau yang sejenisnya.
Cara menginstall bisa cukup klik ganda file OOChem-0.1.0-alpha.oxt, atau kalau gagal anda bisa menambahkan secara manual, pada menu openoffice org klik Tool —> Extension Manager…—> Pilih tombol Add (ada di bagian bawah) —> Pilih file hasil unduhan OOChem-0.1.0-alpha.oxt  —> Ikuti petunjuk berikutnya hingga selesai.
Gambar 1. Tampilan layar bagian awal pesanagan ekstensi OOoChemistry.
Untuk membuat struktur kimia pada dokumen, pilih item menu  Insert->Object->OLE Object… dan pilih JChemPaint Chemical Diagram. Jendela JChemPaint akan muncul. Buat gambar yang anda inginkan dan tutup jendela JChemPaint – gambar akan tersimpan (tersisip – insert)dalam dokumen. Untuk mengedit diagram atau struktur, klik ganda pada struktur itu.
Gambar 2. Layar JChemPaint saat digunakan.
Gambar 3. Layar OpenOffice writer ketika disisipkan strukutur senyawa alanin hasil dari JChemPaint.
Unduh (download) OOo Chemistry di sini sebesar 5,66 MB.
Unduh OpenOffice.org versi 3.2.1 untuk Windows  di sini sebesar 148 MB.
Unduh OpenOffice.org versi 3.2.1 untuk sistem operasi lain selengkapnya bisa mungunjungi situs kambing.ui.edu.
Unduh Java runtime 1.6.0.21 dari sini sekitar 15,32 MB sesuaikan dengan sistem operasi yang anda gunakan.
Sumber : OOo Chemistry dari sourceforge.net.
Selamat mencoba kawan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar