Kamis, 28 Maret 2013

Animasi Pembelajaran Matematika di Hotmath.com


Saya senang matematika, hanya senang saja. Kebetulan anak saya masih sekolah juga menyenanginya. Sambil browsing saya kembali “ngglitik” dan dapat beberapa animasi pembelajaran matematika yang pas banget buat anak saya yang masih SD dan masih SMP. Sayang hasil bowsingan saya kalau terbuang sia-sia, saya niat membagi hasilnya lewat tulisan tak berarti ini :)
Referensi untuk materi pembelajaran berbasis animasi-flash-swf sangat banyak, untuk mencarinya tinggal ketikan di kotak search browser tentang apa yang dicari, kalau perlu tambahkan tipe file dan kalau sudah ketemu situs yang bagus tinggal nambahkan string situsnya. Oh ya saran lagi sebaiknya untuk pencarian menggunakan kata dalam Bahasa Inggris yang biasanya banyak sekali kontennya. Bukannya anti bahasa sendiri loh :)
Screenshoot dari animasi hotmath.com
Saya iseng mengetikkan di bwoser firefox di kotak search google kata pencarian “graph linear equations filetype:swf” dapat itu web hotmath.com, tapi kalau dicari dibagian mana letak animasi interactifnya saya gak dapat. Yah sudah-lah maka cari di atas itu. pakai kata kunci “filetype:swf site:hotmath.com”, dapat deh semua file animasi dari situs itu. Wus tinggal sedot, tinggal download.
Memang tidak banyak-banyak amat dari situs itu, tetapi buat saya sudah lebih dari cukup untuk bisa memanfaatkannya. Oh ya kalau belum tahu gimana mengunduh file yang terembed pada halaman web tertentu, dan sedang menggunakan firefox, saya biasa lansung klik Menu Tools >>Page Info >> Media. Kemudian cari file yang ter-embed, kalau itu animasi flash, pastinya filenya adalah *.swf. Setelah yakin klik aja Save as…
Kalau mau silahkan makai cara tadi. Buat rekan guru matematika yang sedang mencari media pembelajaran matematika, cara saya itu sudah umum. Yang belum umum adalah bagaimana kita bisa meniru, bukan menjiplak, tetapi mendapat inspirasi agar kita juga bisa membuat hal yang seperti itu dengan versi kita. Kita sebagai guru itu sering kurang punya wawasan soal ilmu yang menunjang bidang kita, makanya dengan cara seperti itu kita coba berbuat sesuatu menghasilkan sesuatu, walau menganut azas ATM, amati, tiru, dan modifikasi.
Saya pun melakukan hal yang sama, misalnya mendapat file animasi bagus, pingin banget bikin, tapi ilmu cekak, pendek, gak cukup, dan gak sanggup, lebih tepatnya ora iso opo-opo, ning ra wani piro yo wis, makai azas ATM itu :)
Demikian, dan wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar