Selasa, 10 Maret 2015

Cara Root Samsung Galaxy Young GT-S6310 Tanpa PC

logoroot.jpgRoot adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna handphone) punya akses ke account root tersebut, jadi kita lah yang punya kekuasaan. Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file- file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna. Setelah mengetahui pengertian dan fungsi root, kali ini saya jelaskan kelebihan dan kekurangan nge-root pada perangkat Android. Sebagian orang takut nge-root handphone Android mereka dengan alasan seperti takut gagal, takut bootloop, garansi tidak berlaku, dan lain-lain. Padahal nge-root memiliki banyak keuntungan seperti dapat mengakses data-data secara keseluruhan. Jadi, kita bisa mengubah/mengedit system yang ada di dalam handphone dengan sesuka hati, namun tidak sembarangan mengubahnya karena nanti bisa bootloop. Nah, kalau sudah bootloop harus di flash ulang atau bisa juga di restore jika di handphone Anda sudah terpasang ClockWorkMod (CWM) dan sudah Anda backup. Untuk tutorial cara memasang atau menginstall CWM bisa Anda baca Cara Pasang ClockWorkMod (CWM) di Samsung Galaxy Young GT-S6310
Untuk melakukan rooting pada perangkat Android GT-S6310 tanpa PC bisa menggunakan aplikasi Framaroot. Untuk menggunakan aplikasi sangatlah mudah, hanya tinggal klik, reboot, dan selesai. Mudah bukan?? agar lebih jelas silakan simak tutorial di bawah dengan baik.
1. Download aplikasi Framaroot di sini
2. Install aplikasi Framaroot.
3. Buka aplikasi Framaroot.
4. Di situ ada pilihan "SuperSU" dan "Unroot", pilih "SuperSU".
5. Kemudian pilih exploitnya, khusus Galaxy Young GT-S6310 pilih "Gandalf".
6. Jika sukses, nanti akan ada pesan yang muncul.
7. Langkah terakhir, reboot atau restart handphone Anda. Lalu Anda akan menemukan aplikasi bernama "SuperSU" ber-icon tanda pagar (#).
Agar lebih jelas silakan lihat screenshot di bawah ini, yang saya beri tanda persegi panjang biru itu lah yang harus dipilih.
ssframaroot.jpg
Aplikasi ini juga dibekali fungsi "Unroot". Caranya buka aplikasi Framaroot, lalu pilih Unroot (yang di bawah SuperSU), klik " Gandalf", dan reboot).

1 komentar:

  1. Bang.. ane mau tanya hp ane samsung s6310 ane dah coba cara nya dan berhasil ada apk supersu nya.. tp saya mau hapus apk bawaan kok gak bisa.. mohon pencerahannya gan.. kl dah ada supersu nya diapain lg ya

    BalasHapus