Selasa, 14 Januari 2014

Cara Melakukan Soft Dan Hard Reset Pada Android



android+reset

Cara Melakukan Soft Dan Hard Reset Pada Android - Factory reset adalah cara untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal/pengaturan pabrik. Factory reset biasanya dilakukan karena ponsel mengalami macet, sering mati sendiri, dan penyebab-penyebab lainnya yang mungkin Anda alami sekarang ini.

Jika ponsel lama di gunakan, memang akan menyebabkan masalah-masalah di atas karena memori penuh dengan sesuatu yang tidak bisa dihapus entah itu dari aplikasi yang kita install, dari log, browser ataupun dari file yang tidak kita ketahui/tidak kita inginkan. Lihat saja pada RAM Android kita pasti penuh dan kita tidak bisa menghapusnya secara permanen. Setelah RAM dihapus pasti kembali lagi.

Factory reset biasanya sudah bisa mengatasi masalah-masalah diatas karena cara ini akan mengahpus semua data yang ada di Android kecuali pada SD Card, tetapi Anda juga bisa memformat SD Card dengan mencentang format SD Card.

Cara melakukan factory reset sangatlah mudah, tetapi setiap ponsel memiliki cara yang berbeda. Namun, saya akan menjelaskan cara umum melakukan factory reset. Sebelum melakukan factory reset Anda harus memastikan baterai Android Anda full atau yang paling minimal 50 persen. Kalau itu sudah dilakukan, mari kita lanjutkan pada caranya.
Caranya masuk ke Setting > Privacy > Factory data  reset.

android+setting+(5)
Gambar 1

android+setting+%25286%2529
Gambar 2

Catatan: Jika Anda melakukan factory reset data yang ada di Android Anda seperti kontak, sms, dan yang lainnya akan terhapus, software dan data di kartu memori tidak akan terhapus. Jadi lakukanlah backup terlebih dahulu pada data di memori internal yang Anda anggap penting.

Anda juga bisa menggunakan kode berikut untuk melakukan reset:

1. Soft Reset

Cara ini tidak akan beresiko, cara ini kurang lebih sama dengan cara factory reset hanya saja menggunakan kode. Jika Anda belum yakin Anda bisa membatalkannya setelah menekan kode reset dibawah ini.
Kode reset: *#*#7780#*#*

Catatan: Jika Anda melakukan reset dengan cara ini, data pengaturan, sistem, dan aplikasi akan hilang/terhapus. Anda tidak usah khawatir software/aplikasi bawaan akan terhapus. Data di kartu memori Anda juga tidak akan terhapus.

2. Hard Reset

Hard reset adalah cara yang sedikit extrim untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan pabrik. Anda sudah tidak bisa membatalkan reset dengan cara ini setelah anda menekan kode reset di bawah ini.
Kode reset: *2767*3855#

Catatan: Jika Anda melakukan reset dengan cara ini maka semua data Anda akan dihapus kerena cara ini adalah melakukan instal ulang firmware Android Anda.

Demikian cara melakukan soft dan hard reset pada Android. Semoga sukses dan bila ada masalah saya tidak bertanggung jawab karena saya disini hanya memberikan informasi bagaimana cara melakukan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar