Kamis, 11 April 2013

MESSI VS RONALDO


Ronaldo-vs-Messi-1600x1200

                SIAPA YANG TERHEBAT?

Berbicara tentang siapa pemain sepakbola terbaik di dunia saat ini, maka orang-orang hanya akan menyebut dua nama: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Selain keduanya memiliki skills yang luar biasa hebat hingga sampai dianggap sebagai pesepakbola dari planet luar, Messi dan Ronaldo adalah dua pemain termahal di dunia. Real Madrid merekrut Ronaldo (CR7) seharga $130 juta dari Manchester United pada tahun 2009. Sementara, Messi dikontrak seumur hidup oleh Barcelona dan jika ada klub yang ingin memilikinya, $400 juta harus disiapkan untuk membeli pemain Argentina tersebut. Dari segi prestasi, keduanya pernah meraih penghargaan ‘Player of the Year’, sama-sama pernah mencetak gol di final Liga Champions, dan selalu bersaing ketat menjadi top scorer di Liga Spanyol dalam beberapa musim terakhir. Agar lebih seru dan menarik, mari kita membandingkan kedua pemain paling fenomenal di abad 21 tersebut.
SKILL & TEKNIK
Lionel Messi memiliki kombinasi yang hampir sempurna antara teknik, kecepatan, keseimbangan dan intelegensia. Ini memberikannya kemampuan luar biasa dalam melakukan sprint melewati pemain-pemain lawan dengan kontrol bola yang mumpuni. Dengan skill dribbling yang membuat bola seolah-olah selalu  menempel di kaki, permainan Messi sangat enak dilihat dan membuat takjub para penonton maupun sesama pemain di lapangan.
Cristiano Ronaldo adalah rajanya skill bernama step-over dan memiliki banyak trik yang menyokong kecepatan larinya yang super cepat. Ia selalu dengan mudah lari melewati lawan untuk masuk ke kotak penalti dan mencetak gol. Walau teknik dan kemampuannya tersebut tak perlu dipertanyakan lagi, CR7 seringkali ‘bersalah’ karena kerap berlebihan saat melakukan step-over. Timnya sering kehilangan bola karena sikap flamboyan dan ‘pamer skill’-nya tersebut.
The Verdict: Messi 10 – Ronaldo 8.5
GOALSCORING
Lionel Messi merupakan salah satu pencetak gol terhebat di dunia. Sepertinya Messi bisa mencetak rekor setiap saat hanya karena bakat ajaibnya dalam mencetak gol. Musim lalu, ia mencetak rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Barcelona dengan 73 gol. And at only 24, this record’s still counting.
Cristiano Ronaldo secara luar biasa mampu menandingi kehebatan Messi dalam mencetak gol sehingga juga bisa dipertimbangkan sebagai pencetak gol terhebat sepanjang masa. Ia mencetak 7 kali hattrick dalam dua musim terakhir, termasuk saat melawan Barcelona minggu lalu, dimana Messi ‘hanya’mencetak 2 gol. Ronaldo juga mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol.
The Verdict: Messi 10 – Ronaldo 10
FAIRPLAY
Karena skill dan kecepatan kakinya, tak heran Messi kerap menjadi sasaran tackle pemain lawan. Namun saat banyak pemain lain menjatuhkan badan, Messi selalu mencoba untuk bertahan berdiri dan tetap menyerang, bahkan di dalam kotak penalti. Ini menunjukkan kepercayaan dirinya yang tinggi dan attitude-nya untuk memilih tidak bermain curang.
Sebaliknya, Ronaldo mendapat banyak kritik karena seringkali terlalu mudah jatuh atau berpura-pura cedera ketika di-tackle lawan. Ingat perempat final Piala Dunia 2006 saat Ronaldo berpura-pura cedera sehingga membuat Wayne Rooney dikartumerah?
The Verdict: Messi 9 – Ronaldo 6
OVERALL
Jika harus membandingkan kedua pemain ini secara keseluruhan, maka poinnya tak akan berbeda jauh. Karena kekurangan tinggi tubuhnya, Messi mungkin kalah dalam sundulan, kekuatan dan tenaga. namun ‘The Messiah’ mengalahkan Ronaldo dalam segi bakat alami dan teknik mendribble bola, juga efektivitasnya dalam  kontribusi tim. Walau dengan efektivitas dan skill yang tidak kalah, Ronaldo terkadang harus menerima kenyataan bahwa secara keseluruhan ia masih sedikit di bawah Messi. Untuk saat ini, Lionel Messi masih yang terbaik namun yang pasti, generasi kita sangat beruntung bisa menyaksikan aksi dua pemain terhebat yang pernah ada dalam dunia sepakbola modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar