Selasa, 02 April 2013

Cara Ubuntu Bisa Baca-Tulis FAT/FAT32


   Hardisk yang terpasang di CPU saya adalah Harddisk tipe SATA terpartisi menjadi 3 yang terpasang pada primary master:
/dev/sda1 = EXT3 (saya khususkan untuk Ubuntu)
/dev/sda2 = Extended
/dev/sda3 = FAT32 (data)
Berikut ini cara mounting hardisk yang memiliki partisi type FAT/FAT32 (pastisinya windows).
Pastikan hardisk terdeteksi oleh komputer, bisa dicek lewat bios atau lewat fasilitas Disk atau dengan Gnome Partition Editor di Ubuntu.
Jika FAT/FAT32 tadi berada di partisi lain dalam satu hardisk dengan Ext3 Ubuntu (sda),
Anggap saja lokasi pastisi windows (FAT/FAT32) berada di /dev/sda3 (seperti hardisk saya tadi).
Folder pemasangan(Local mount folder): /media/windows
Buka konsol/terminal 
Ketik/salin –> sudo mkdir /media/windows
jika diminta password isikan saja password yag anda punya-> enter.
setelah itu:
Ketik/salin –> sudo cp /etc/fstab /etc/fstab_backup <– enter
berikutnya:
Ketik atau kopikan –> gksudo gedit /etc/fstab <– enter (akan terbuka gedit = semacam notepad)
Berpindah ke gedit
Ketik/salin –>
/dev/sda3 /media/windows vfat iocharset=utf8,umask=000 0 0
Mengetiknya di bagian bawah teks dalam gedit tadi loo.
Simpan perubahan yang dibuat, terus tutup gedit ini.
Cara me-remount /etc/fstab (memasang partisi lagi) tanpa rebooting komputer
Ketik atau kopikan ke konsol/terminal–> sudo mount -a
Selesai, selanjutnya coba explore isi hardisk dengan fasilitas yang ada, jika data di partisi FAT/FAT32 terbaca artinya yah berhasil me-mount-nya itu.
Demikian saya tulis sesuai apa yang saya lakukan. Semoga tidak lebih membingungkan seperti saat saya mengikuti petunjuk di Panduan Ubuntu Bagi Pemula karena bener-bener awam.
Mari berbagi untuk hal sekecil apapun…
SEKECIL APAPUN…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar