Selasa, 02 April 2013

Anak Kelas 2 SD Dapat Menyelesaikan Soal Pecahan Tanpa Diajari


Sumber gambar: creativeeducation.co.uk
Bermain ternyata benar-benar bisa sambil belajar, apalagi kalau game-nya terarah. Seperti yang terjadi pada anak saya yang baru kelas 2 SD. Sepertinya ada tantangan tersendiri buat dia, yang biasanya malas banget belajar matematika. Meskipun kalau penjumlahan dengan hasil belasan ia masih menggunakan jarinya, ternyata dia paham dengan sendirinya konsep pecahan sederhana. Tidak perlu diajari, dia belajar dari kesalahan yang dilakukan lalu mengamati yang benar itu bagaimana. Tidak duga ternyata tanpa diajari pun anak segitu bisa membuat kesimpulan dan mengambil jalan-nya sendiri. Inilah efek positif dari game.
Semula saya sengaja menjelajah untuk mencari hal terkait pelajaran matematika buat anak-anak. Tapi akhirnya tertujulah saya ke satu situs yang simpel dan mudah dipahami oleh sekaliber anak saya, yang sekali lagi, malas belajar matematika! Saya download semuanya, saya kopikan ke komputernya dan dia coba jelajah sendiri, klak-klik sana sini dan dia dapat itu permainan mengerjakan soal pecahan. Dengan nge-game ia belajar membuat kesimpulan, keputusan, mempelajari keteraturan.
Jika semua materi pelajaran matematika dibuat begitu guru matematika tidak perlu lagi repot menjelaskan banyak hal yang justru sering dari penjelasan guru anak tidak ngerti dan malah tertekan pikirannya.
Pembaca ingin tahu kan game macam apa yang dimainkan anak saya itu? Atau sudah tahu? Iyak… benar saya mendapat game ringan itu dari situs Mr. Henry Anker. Kalau mau jelajah lebih lanjut tentu bukan itu saja permainannya. Lihatlah tautan di bawah tulisan ini, bahkan saya mendapatkan game matematika sebanyak 300 game. Andai guru matematika mau memanfaatkan ini, anak SD pasti wow dengan matematika.
Untuk unduh semua game matematika silahkan klik pranala ini.
Untuk permainan lainnya mungkin kita orang tua bisa mendampingi soal pemahaman bahasa antar muka-nya. Tapi yakinlah anak kita memiliki kehebatan dalam komunikasi digital dalam memainkan game. Tunggulah kehebatan anak-anak kita, mereka bisa belajar jauh lebih cepat dengan permainan-permainan semacam itu.
Dari situsnya Tuan Anker ini anak tidak hanya belajar angka, tetapi semua aspek dalam matematika juga ada. Bangun ruang, sudut, bilangan, bahkan permainan logika pun tersedia. Dengan kemasan yang mudah dipahami, dari rentang termudah sampai ke level kompleks (ukuran anak SD)  tersaji dengan sangat menarik.
Mari siapkan generasi cerdas melalui TIK, sudah saatnya guru dan orang tua sekedar menjadi fasilitator, anak-anak kita aslinya sudah punya kehebatan sebagai seorang pembelajar sejak lahir. Jangan lagi cekok-i dengan teori, aturan-aturan dalam belajar, mereka akan dengan sendirinya tahu. Ya, seperti cerita anak saya yang mulai paham soal hitungan pecahan sederhana tanpa mesti harus di jelaskan. Ilustrasi pada permainan tadi sudah bisa dipahaminya.
Mau lebih tahu game atau permaianan seperti apa saja dari situsnya Tuan Henry Anker? Silahkan klik tautan ini.
Mau tahu juga bagaimana cara cepat mendownload dari hasil klik tautan itu, baca tulisan saya Cara Cepat Mengunduh (Download) Semua File Flash Langsung dari Google. Jika kesulitan mendownload saya siap bantu, bisa saya kirimkan semua game itu via email, tapi harus sabar meski ukurannya kecil setiap game-nya tapi jumlahnya 300 lebih.
Semoga bermanfaat.
Wassalam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar